-->

Menikmati Surga Alam Bawah Tanah Maros Yang Menakjubkan


Menikmati Surga Alam Bawah Tanah Maros Yang Menakjubkan - WISATA MAROS - Selain Taman Wisata Nasional Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan juga menyuguhkan keindahan alam wisata lainnya seperti gugusan gunung. Barisan tebing menjulang indah yang diistilahkan The Spectacular Tower Karst, hingga kekayaan alam bawah tanah atau kerap disebut Gua.

Jika Anda mencari gua terindah di Indonesia, maka tempatnya ada di Kabupaten Maros tepatnya di Desa Labuaja. Gua Salukang Kallang, masyarakat sekitar menyebutnya merupakan destinasi gua terindah sehingga mendapatkan julukan surga alam bawah tanah.

Surga Alam Bawah Tanah Maros

Letak geografis gua tersebut cukup strategis yakni berada di jalan poros Kabupaten Maros- Kabupaten Bone. Jarak gua dari Kota Maros sekitar 25 km. Menuju ke gua ini dapat menggunakan kendaraan seperti sepeda motor dan mobil sekitar 1,5 jam, jarak mulut gua dari jalan poros sekitar 800 Meter.

Adapun kedalaman gua diperkirakan 26 km dan merupakan gua horisontal/vertikal. Dalam hal ini Salukang Kallang merupakan gua yang terbentuk dari batuan kars yang berada di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Surga Alam Bawah Tanah Maros

Untuk menelusuri surga alam bawah tanah ini, terlebih dahulu para wisatawan harus menuruni mulut gua sedalam 8 meter dengan menggunakan peralatan caving (susur gua) dengan tujuan untuk keselamatan diri dan proses penurunan tersebut kerap disebut Rappeling (turun dengan menggunakan tali).

Saat berada di dalam gua Anda akan disuguhkan dengan ornament-ornament yang sangat indah. Dan tidak semua gua yang ada di Indonesia memiliki keindahan ornament yang ada di gua ini, seperti, Stalakti, Stalakmid, Pilar, Mount Milk, Mutiara Gua, dan Gorden.

Surga Alam Bawah Tanah Maros

Selain itu, keindahan yang disuguhkan pun di lengkapi dengan aliran sungai yang jernih serta binatang-binatang endemik. Keindahan ini mampu menghipnotis para peneliti gua hingga wisatawan petualang yang menelusurinya.