-->

Syarat dan Proses Balik Nama Kendaraaan Bermotor Di Kota Bandung

Syarat dan Proses Balik Nama Kendaraaan Bermotor Di Kota Bandung - Halo gan selamat siang, kali ini ane akan share informasi bagaimana cara balik nama kendaraan bermotor di kota bandung. Sebenarnya cara dan proses balik nama motor itu simple gan, cuma memakan waktu yang cukup lama sih.

Berikut ini syarat yang harus dibawa untuk balik nama motor di samsat kawaluyaan bandung.




Persyaratan balik nama motor di bandung


  1. BPKB kendaraan Motor/Mobil Asli dan (Fotocopy 3 lembar).
  2. STNK kendaraan Motor/Mobil Asli dan (Fotocopy 3 lembar).
  3. KTP orang yang akan dirubah pemiliknya (bukan pemilik awal kendaraan bermotornya). Jadi misal si A beli Motor dari si B ,Maka KTP si A yang harus di bawa dan (Fotocopy 3 lembar).
  4. Kwitansi pembelian kendaraan bermotor nya ber materai (Isi dengan cara seperti biasa namun cantumkan merk dan plat nomor polisi kendaraan nya. Untuk tanggal isi 1 atau 2 hari sebelum proses balik nama kendaraan dan (Fotocopy 3 lembar).
  5. Kendaraan yang akan di mutasi atau di balik nama nya.
  6. Jika tidak ingin ribet sebaiknya tanyakan saja di tempat fotocopy yang ada disamsat.


Setelah  itu lanjut ke proses dan prosedur balik nama kendaraan roda dua/roda empat :


  1. Ambil formulir di dalam gedung samsat tersebut (saya di samsat kawaluyaan). Untuk proses balik nama akan diberikan 2 buah formulir gesek nomor rangka dan nomor mesin. Jika hanya untuk perpanjangan 5 tahun tanpa ganti nama atau tanpa balik nama akan di berikan satu. Disitu nanti akan diminta STNK asli untuk di daftarkan, setelah itu diberikan formulir. Jangan lupa isi semua datanya dengan baik. Isinya adalah biodata pemilik baru dan spesifikasi kendaraan anda
  2. Keluar dari gedung dan daftarkan diri anda di dekat tempat partkir.Disitu akan didaftarkan dan akan digesek nomor rangka dan nomor mesinnya oleh petugas. Setelah di gesek oleh petugas ( jangan lupa memberi tip 5 atau 10 ribu rupiah ). Kembali ke tempat pendaftaran untuk di periksa dan di cap oleh petugas.
  3. Masuk kedalam ruangan kemudian ke loket BRI untuk membayar biaya BPKB sebesar 80 Ribu rupiah. Kemudian anda akan disuruh mengisi formulir. Setelah itu anda akan mendapat kupon pengambilan BPKB ( saat ini baru bisa diambila sampai bulan JULI baru selesai).
  4. Kemudian masuk ke loket sebelah nya yaitu loket 1 untuk di cek lagi oleh petugas, kemudian anda akan diberi nomor antrian atau nomor panggilan. 
  5. Sebelumnya anda akan disuruh memberikan data ke bagian pajak progresif yang ada di loket di depan sebelah kanan loket BRI dan loket BBN.
  6. Di loket pajak progresif anda akan menunggu untuk verifikasi, setelah selesai kembali ke loket sebelumnya.
  7. Setelah itu, jika anda sudah mendapat nomor urut antrian maka nama anda akan di panggil di loket 2 yang bersebelahan dengan loket 1.
  8. Di loket 2 Anda akan membayar biaya balik nama dan pajak kendaraan bermotor.
  9. Untuk Biaya balik nama dan pajak Jupiter MX tahun 2010 adalah sebesar 475 ribu rupiah.
  10. Setelah anda membayar maka anda akan mengantri untuk pengambilan stnk pajak tahunan dan 5 tahunan.
  11. selesai
Untuk pengambilan BPKB dan PLAT untuk pendaftaran bulan maret maka diambil awal JULI 2015.

Total biaya balik nama motor di samsat bandung

- Ganti BPKB 80000 
- Pajak dan STNK 475000
- Tips, materai dan fotocopy 25000 (maksimal)

Total yang dikeluarkan adalah 580000 rupiah untuk balik nama motor jupiter mx 2010.


Sugeng Story