-->

Cara Membuat Sitemap Wordpress Dengan Menggunakan Plugin Google XML Sitemaps

Cara Membuat Sitemap Wordpress Dengan Menggunakan Plugin Google XML Sitemaps -  Kali ini saya akan sampaikan bagaimana cara membuat sitemap untuk blog dengan platform wordpress. Sebagai pemilik blog atau website yang baik maka perlu sitemap agar situs kita semakin terlihat legal dan bagus.

Terkadang banyak blog yang ada belum memberikan atau belum ada sitemap atau bisa jadi banyak pemilik blog kesulitan dalam membuat sitemap untuk situsnya padahal hal ini sangatlah mudah untuk dilakukan.  Hal ini sebenarnya bukan hanya membuat situs kita terlihat baik dipandang orang tetapi juga semakin baik untuk mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan lainnya. Hal ini sangat diperlukan agar situs kita mudah ditemukan mesin pencari dan tentu saja agar pengunjung blog kita semakin banyak.

Cara Membuat Sitemap Wordpress Dengan Menggunakan Plugin Google XML Sitemaps


setting plugin google xml sitemaps


  1. Login ke dalam situs Anda
  2. Kemudian masuk ke menu plugin
  3. Add new plugin
  4. Kemudian cari plugin dengan nama Google XML Sitemaps
  5. Kemudian klik install dan aktifkan
  6. Setelah masuk ke menu setting dan klik tautan situsanda/sitemap.xml
  7. Selesai dan Anda tinggal update situs Anda


Keterangan :

Plugin Google XML Sitemaps secara otomatis menghasilkan sitemap xml yang akan membantu mesin pencari seperti google, bing, yahoo, ask dan lainnya lebih mudah mencari dan mengindeks situs  atau blog milik Anda. 

Dengan menggunakan plugin tersebut maka mesin robot pencari (crawler boot) akan lebih mudah melihat dan menjaring struktur isi website yang Anda miliki. Plugin ini mendukung semua jenis WordPress yang menghasilkan URL halaman maupun URL kustom.

Selain itu, plugin ini akan memberitahukan semua mesin pencari utama setiap kali anda menerbitkan posting baru.

Plugin "Google XML Sitemaps" telah populer sejak lebih dari 9 tahun dan mendapat reputasi sebagai Plugin WordPress Terbaik di Dunia, karena plugin ini secara otomatis akan melakukan apa yang seharusnya dilakukan dan tidak akan melakukan apa yang tidak seharusnya dilakukan, tanpa kita repot menyeting sesuatu apapun. 

Plugin ini bisa membuat sitemap XML yang sangat lengkap untuk mesin pencari, sehingga dijamin tidak akan merusak reputasi maupun peringkat website anda di belakang hari, bahkan sebaliknya, ia akan menaikkan peringkat website anda.


Itulah informasi mengenai cara membuat sitemap dengan menggunakan plugin google xml sitemaps. Bagi Anda pemilik blog dengan platform wordpress maka plugin ini adalah plugin yang powerfull dan wajib untuk di install di situs Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga tentang Cara Membuat Sitemap di Blogspot.