-->

10 Hewan Langka di Indonesia yang Harus dijaga dan dilestarikan

10 Hewan Langka di Indonesia - sugengstory.blogspot.com | Indonesia memiliki keanekaragaman hayati dan hewani. Keanekaragaman tersebut sudah sepatutnya kita jaga agar tetap dapat dinikmati oleh anak cucu kita nanti. Di indonesia saat ini sudah banyak flora dan fauna yang punah, hal ini diakibatkan oleh keserakahan manusianya. Manusia yang hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa melihat lingkungan serta masa depan yang akan terjadi setelah apa yang mereka lakukan saat ini. 

Berikut 10 Hewan Langka di Indonesia yang Harus dijaga dan dilestarikan :

1. Badak Jawa

Badak Jawa saat ini hanya tinggal beberapa ratus ekor saja di Indonesia. Saat ini badak jawa hanya bisa kita temui di taman nasional ujung kulon. Penyebab badak jawa langka saat ini adalah karena pemburuan untuk diambil cula yang katanya memiliki khasiat penyembuhan penyakit.




2. Anoa

Anoa merupakan hewan endemik di pulau sulawesi. Saat ini keberadaanya sudah sulit ditemukan. Jumlahnya yang kian menurun tiap tahunnya mengakibatkan anoa sekarang sudah dilindungi oleh negara. Habitat anoa sendiri berada di hutan - hutan pedalaman.

3. Harimau Sumatera

Harimau sumatera merupakan jenis harimau yang memiliki ukuran lebih kecil dari harimau lain di negara lainnya. Jumlahnya di indonesia hanya tinggal beberapa ekor saja bahkan nyaris punah.

4. ELang Jawa

Tampak dari namanya, burung ini datang dari daerah Jawa. Burung jenis ini mempunyai ciri-ciri berbentuk jambul di kepalanya. Keberadaannya di alam telah sangat susah untuk kita temui, bila mau lihat, kita dapat melihatnya di penangkaran atau kebun binatang.


5. Komodo

Komodo adalah jenis kadal raksasa yang asli dari Indonesia. Hewan ini terhitung hewan karnivora meskipun seringkali mengonsumsi bangkai hewan daripada memburu hewan hidup-hidup. Rata-rata komodo dapat meraih panjang 2-3 m serta berat 60 kg. Banyak yang mengatakan bahwa komodo adalah hewan prasejarah yang masih hidup.


6. Bekantan

Bekantan termasuk jenis monyet yang keberadaannya berada di Pulau Kalimantan. Hewan jenis ini sangat gampang dikenali dengan tanda-tanda yang menonjol yaitu mempunyai hidung yang panjang dan mempunyai rambut tubuh yang berwarna cokelat kemerah-merahan. Bekantan dikategorikan hewan langka sejak tahun 2000.



7. Merak Hijau

Burung merak Hijau jantan bisa mencapai panjang tubuh 300 cm dengan ekor yang panjang. Juga mempunyai jambul tegak di kepalanya. Ekor panjang serta jambul dipakai oleh merak hijau jantan untuk menarik merak hijau betina pada musim kawin. Sedangkan merak hijau betina mempunyai ukuran badan yang lebih kecil serta bulunya yang tidak warna-warni.



8. Beruang Madu

Beruang madu ada di hutan-hutan Sumatra. Jumlah populasinya dari tahun ke tahun senantiasa mengalami penurunan. Walapun jenis beruang, beruang madu kerap makan buah-buahan dan juga madu. Perbedaan dengan jenis beruang lain adalah bentuk tubuhnya yang kecil serta ada garis kuning berupa cincin diantara dada dan lehernya.


9. Jalak Bali

Dengan ukuran tubuh sedang serta bulu yang cantik, tak heran burung ini jadi langka lantaran jadi incaran beberapa pemburu untuk diperjualbelikan. Burung ini asli endemik Indonesia yang cuma bisa didapati di Bali. Diprediksikan jumlah Jalak Bali waktu ini sekitar 1.000 ekor.



10. Orang Utan Kalimantan

Orang utan merupakan jenis kera yang asli Indonesia. Hewan yang dalam bahasa Inggrisnya juga Orang utan ini jadi langka lantaran dikarenakan beberapa faktor, diantaranya, rusaknya hutan serta penebangan hutan jadi ladang, pabrik, serta perumahan. Orang utan dapat kita jumpai di Pulau Kalimantan, serta orang utan mempunyai ciri-ciri berbentuk rambut tubuhnya yang berwarna kemerah-merahan.