-->

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi - sugengstory.blogspot.com | Daya ingat dan konsentrasi merupakan hal yang sangat penting untuk diri kita. Daya ingat dan konsentrasi merupakan hal yang berhubungan dengan kinerja otak kita. Otak seperti layaknya pisau, apabila tidak diasah maka akan tumpul nah seperti itulah otak kita, apabila otak kita tidak dilatih dengan terus menerus maka akan mengakibatkan melemahnya kinerja otak. Melemahnya kinerja otak kita dapat terlihat dari ketidakmampuan kita mengingat suatu hal serta kurangnya konsentrasi.

Banyak orang yang mengalami pelemahan kinerja otak. Penyebabnya bisa dari sisi pendidikan, pergaulan ataupun lingkungan tempat tinggal. Faktor lainnya bisa didapat dari keturunan atau faktor genetika.



Berikut ini merupakan Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi :

1. Jangan pernah berhenti untuk mempelajari banyak hal

Dengan mempelajari segala hal maka otak anda otomatis akan selalu bekerja. Pelajari apapun yang bisa menjadi pelajaran, namun jika anda lebih tertarik terhadap satu hal maka anda dapat mempelajari hal yang anda sukai itu karena akan membuat otak anda lebih mudah bekerja.

2. Mem-filter atau menyaring informasi

Banyak informasi yang sulit untuk kita pahami, karena sebagian besar informasi yang kita dapat hanya mudah dipahami oleh orang yang menjelaskannya. Hal ini akan membuat otak kita akan bekerja dengan baik jika kita mampu menyaring informasi yang diberikan kemudian kita kemas dengan bahasa kita sendiri.

3. Membuat kebiasaan yang baru

Hal yang itu - itu saja akan membuat kita cepat bosan serta membuat otak kita kurang terangsang dengan hal yang baru. Dengan melakukan hal yang baru maka otak kita akan bekerja mengolah hal - hal baru tersebut dan menjadikan otak kita semakin kuat. Hal baru yang mudah untuk kita lakukan seperti mulailah bangun pagi dan menghirup udara segarnya, menulis menggunakan tangan kiri, seperti yang dilakukan Leonardo Da Vinci agar daya otak nya seimbang.Ingatlah lakukan hal yang positif.

4. Menjalin komunikasi sosial dengan banyak teman

Dengan menjalin komunikasi sosial terhadap banyak orang maka dapat meningkatkan daya fungsi otak, selain bisa bertukar fikiran dengan berkomunikasi pun akan mendapat informasi baru yang menarik. Hal ini bisa dilakukan disaat ngobrol dengan teman, keluarga, tetangga dll.

5. Gunakan gambar atau permainan - permainan

Ketika seseorang mulai mengalami kesulitan dalam mengingat suatu informasi sehingga dibutuhkan bantuan media lain yang akan mudah diingat otak melalui visualnya seperti gambar, video dan permainan. contohnya ketika dosen memberi suatu materi yang rumit dan susah diterima apalagi dicerna otak, pejamkan mata dengan kata tersebut lalu sisipkan gambar yang disukai dimateri tersebut, lalu tulis dibinder sebagai materi tertulis. Atau bisa juga menggunakan permainan, contoh lagu, pelajaran musik ditengah materi pembelajaran hanya ditemukan ketika SD. Contoh untuk mengingat 5 orang nama dalam 1 menit sangat susah, tetapi bila 5 nama tersebut dimasukkan lagam lagu, tidak sedikit orang yang ingat 5 nama tersebut. Dan permainan teka-teki silang, catur juga dapat melatih otak.

6. Gunakan akronim atau singkatan

Agar lebih cepat mengingat penggunaan singkatan pada suatu hal juga lebih banyak membantu daya ingat terhadap suatu hal. Bila sering mencatat, maka bisa menggunakan stabilo di kata-kata yang sangat penting. Tetapi contoh-contoh ini hanya contoh kecil, balik lagi kepada diri sendiri, bagaimana caranya agar anda lebih mengexplore suatu materi lebih cepat, an menanggapi lebih cepat.

7. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur membantu metabolisme dalam tubuh, banyak manfaat olahraga dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan olah raga peredaran darah akan semakin lancar, begitupun asupan oksigen kepada otak, untuk penilitian pada lansia umur 50+ melakukan jalan kaki 2,5 jam/minggu membantu mereka lebih mengingat suatu hal.

8. Konsumsi makanan yang tepat

Makanan tidak hanya untuk mengenyangkan perut, tetapi ingatlah bahwa otak juga membutuhkan protein agar tidak melemah, asupan pada otak berupa protein, vit b12, omega 3, kaya akan antioksidan. Makanan yang sehat untuk dikonsumsi adalah sayuran, jus, brokoli, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, madu, gandum, buah-buahan. Salah 1 makanan yang sehat adalah 4 sehat 5 sempurna.

9. Yoga

Dengan melakukan yoga maka konsentrasi akan semakin terjaga, meningkatkan konsentrasi serta menambah memori kita.


Itulah beberapa Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi, semoga bermanfaat untuk anda pembaca.