-->

Pertama Kali Interview Kerja, Sedikit Infonya

Sugeng Story - Interview Kerja, Kali ini gw akan share tentang pengalaman pertama kali di interview oleh Hr rumah makan Double Steak yang ada di jalan Talaga Bodas No 22 Bandung. Sebelum gw share pengalaman interview gw yang pertama kali ini, gw akan ulas sedikit tentang awal mulanya bisa sampai melamar pekerjaan di cafe ini. Awalnya setelah mengobrol dengan teman masalah duit yang suka habis entah kemana dan mengingat bayaran kuliah itu lumayan mahal sehingga membuat kita berfikir bagaimana mendapatkan pekerjaan. Kita tidak memilah milih pekerjaan, jadi sekiranya itu bisa membuat kita bekerja dalam tempat yang sama maka kita coba untuk mengirimkan lamaran. 

Awalnya gw coba iseng mencari lowongan pekerjaan di iklan baris pikiran rakyat online, nah ternyata disitu ada lowongan yang memungkinkan kita (gw dan kawan) bisa kerja satu tempat yang sama, karena sepertinya tempat tersebut membutuhkan banyak karyawan. Setelah beberapa hari kemudian akhirnya kita coba untuk mengirimkan surat lamaran kerja yang telah kita buat. Dan setelah menunggu sekitar satu minggu barulah ada telepon yang memberikan informasi adanya interview pada hari kamis 6 februari.

Akhirnya gw konfirmasi ke teman dan ternyata dia juga mendapat telepon interview namun tidak diangkat teleponnya, akhirnya dia miscall no telpon yang akan memberikan informasi interview dan akhirnya dia ditelpon kembali sehingga mendapat panggilan interview pada hari yang sama namun jam yang berbeda. Nah, akhirnya kita berangkat menuju ke tempat tersebut namun sebelumnya kita mengantarkan teman kita satu lagi yang ingin ikut mendaftar juga, karena sebelumnya dia tidak datang saat kita sudah janjian untuk mengirimkan surat lamaran.

Sesampainya disana gw langsung masuk dan menanyakan kepada karyawan tentang panggilan interview tersebut dan gw disuruh menunggu di kursi pelanggan tapi ternyata ada seorang karyawan yang malah menanyakan pesanan makanan, mungkin penampilan gw kaya orang yang mau makan disitu ya, biasa, santai saja. Kemudian datanglah seseorang yang mungkin sudah berumur lebih dari 40 dan terjadilah percakapan sedikit. Ia menanyakan nama gw dan gw jawab, selanjutnya dia menanyakan siapa yang menelpon anda dan menyarankan anda untuk datang kesini? Gw dengan rada gugup menjawab tidak tahu selanjutnya dia bertanya kenapa tidak ditanya sebelumnya? alasan anda? lalu gw jawab, memang saat itu gw posisi lagi bangun tidur dan selanjutnya gw hanya menjawab iya dan iya saja, polos banget gw ya haha. Oke skip selanjutnya dia menyuruh gw pindah ke belakang dan dia memberikan form untuk diisi.

Banyak sekali pertanyaan diform itu, mulai dari data diri kita, keluarga, pekerjaan sebelumnya, pengalaman kerja, serta pengetahuan tentang perusahan tersebut yang gw lamar. Dari sekian banyak pertanyaan tersebut yang paling membuat gw terkejut adalah harus mengisi data tanggal lahir keluarga gw, mulai dari orang tua dan saudara-saudara gw. Akhirnya gw pun pengen ketawa sekaligus miris karena gw ga inget tanggal lahir kedua ortu gw (hiks) anak kurang ajar kayanya gw, lalu gw terpaksa kosongkan lah dari pada bohong itu malah dosa. Untuk saudara gw juga tidak tahu tanggal lahirnya, secara saudara gw kan banyak (6). Kemudian bulan waktu gw masuk smp,sma, dan kuliah dan itupun diisi dengan perkiraan aja. Untuk pengetahuan soal perusahaan ini juga gw isi dengan 2 kalimat saja, karena memang tidak begitu paham.

Kemudian gw berfikir mungkin inilah yang harus gw pahami ketika gw akan melamar kerja di tempat lain. Hal hal sperti itu mungkin akan memberikan nilai tambah, karena dengan kita mengingat dan mengetahuinya maka Hr selaku penerima karyawan akan mengetahui bagaimana kita. 

Kemudian saat sesi wawancara dengan Hr perusahaan tersebut, gw sangat santai tanpa adanya gugup. Gw menjawab dengan santai semua yang ditanyakannya malahan seperti ngobrol biasa.

Jadi tips saat melamar dan interview pekerjaan menurut gw adalah 
  • Ingat dan pahami data diri kita sendiri dan keluarga. 
  • Ingat data sekolah yang pernah kita jalani. 
  • Pahami tentang perusahaan yang akan kita lamaran.
  • Jangan gugup dan santai saja, jawab sesuai porsi pertanyaanya.



Sekianlah share informasi mengenai interview kerja yang pertama kali buat gw, semoga bermanfaat buat yang membaca.


Sugeng Story
  1. Mau tanya, kamu kerja di double steak itu part time atau full time?

    ReplyDelete